Laman

Sejarah Jazz Dunia 2

Diposting oleh Dian Nisvi on 21.00


Aliran Dalam Jazz
Ragtime
Muncul pada tahun 1890. Ragtime adalah musik cepat yang mengandalkan permainan piano. Musik ini kerap disebut sebagai polka-nya orang AfroAmerika. Musiknya yang berisik menjadikanya sebagai salah satu dasar lahirnya musiknya jazz, yang kental dengan unsure ekspresif dan improvisasi.
Early New Orleans Dixieland
Musiknya banyak mengandalkan permainan cornet, clarinet, dan trombone, sedangkan rhtym sectionnya memakai banjo, tuba, dan drum.
Dixieland (1917-1923)
Dixieland menjadi bibit dari musik jazz yang muncul di New Orleans dan Chicago. Akar musiknya tak jauh beda dengan Early New Orleans Dixieland. Musisi yang beken pada era ini adalah Joe King Oliver, Jelly Roll Morton, Louis Amstrong, Sidney Bechet, Kid Ory, Johny Dodds, Paul Meres, Nick LaRocca, Bix Beiderbecke, dan Jimmy McPartland.
Boogie – Woogie
Dimainkan dengan piano dengan chord yang mirip dengan musik blues. Musik ini termasuk musik jazz yang easy listening. Musik boogie – woogie juga kerap dipadukan dengan musik swing jazz.
Free Jazz
Musik yang lahir karena adanya pembatasan musik pada jazz. Musik ini seolah ingin mengembalikan jazz ke kodratnya yang eksperimental dengan mengubah chord dan tempo lagu.
Swing
Muncul pada 1930an dan menjadi aliran tersendiri tahun 1935. Swing termasuk aliran muisk jazz yang membawa banyak musisi dalam sekali manggung. Setidaknya ada 10 orang musisi dengan 3 pemain saksofon, 2-3 pemain terompet, 2 sampai 3 pemain trombon, pemain piano, gitar, bass violin, dan drum. Musiknya cepat, ringan, dan meriah.

Latin Jazz
Musik yang mengombinasikan jazz dengan musik dari Amerika Latin seperti Kepuluan Karibia, Eropa, dan Amerika Serikat. Latin jazz dibagi dua yaitu bossanova dan jazz cuba yang merupakan perpaduan jazz dengan musik cuba.
Soul Jazz   
Merupakan gabungan antara musik blues, gospel, dan rhtym and blues. Ciri khasnya ada pengulangan groove dan lengkingan melodi.
Jazz Fusion
Aliran yang menggabungkan musik jazz dengan segala jenis musik lain dari rock, R&B, hip-hop, country, reggae, sampai ska. Musik ini muncul pada era 1960an dan mencapai puncak keemasan pada tahun 1970an. 

0 komentar:

Posting Komentar